Senin, 08 Agustus 2011

Tutorial: Foto panorama dengan Hugin (II) - Pengolahan 1

Ini adalah Hugin:

Hugin splashscreen dengan kode versi/tahun rilisnya.
Er, maksudnya, logo Hugin pada splashscreen sewaktu menjalankan aplikasi ini di komputer anda.

Sejenak kemudian, splashscreen ini akan menghilang diganti dengan jendela antarmuka (interface) Hugin yang sangat sederhana:

Antarmuka Hugin.
Seperti biasa, klik gambar di atas dan juga selanjutnya di bawah ini untuk memperbesar.

Bila anda sudah menyiapkan foto-foto untuk "dijahit" menjadi sebuah panorama seperti dalam bahasan sebelum ini,...

Sekedar menyegarkan ingatan :p
...maka yang perlu anda lakukan adalah menekan tombol di kiri atas yang bertuliskan "1. Load Images" yang akan membuka jendela pemilihan seperti ini (pada Ubuntu):

Maaf, gak tahu seperti apa di Windows dan Mac. Tapi seharusnya mirip-mirip jugalah :D
Pilih keempat file yang sudah disiapkan sebelumnya, lalu tekan tombol yang bertuliskan "2. Align" seperti dibawah ini:

Tekan "Align" untuk memulai pemrosesan.
Sejenak kemudian, akan muncul jendela baru yang mengindikasikan pemrosesan sedang berlangsung:


Setelah menunggu sejenak, yang lamanya tergantung dari berapa jumlah foto yang diproses, resolusinya dan juga kecepatan komputer anda, akan muncul jendela baru bernama "Fast Panorama Preview":

Anda bisa mengutak-atik tampilan panoramanya disini. Untuk itu akan dibahas belakangan.
Dapat dilihat disini bahwa Hugin berhasil mendeteksi titik-titik kendali (control points) dari masing-masing frame secara otomatis. Titik-titik kendali ini tak lain hanyalah objek yang sama yang ada dalam wilayah yang bertumpukan (overlap) dari dua foto yang diambil secara berurutan seperti diilustrasikan sebagai wilayah berwarna biru gelap dalam diagram ini:


PS: Anda bisa membuat seri foto seperti diatas tanpa menggunakan tripod khususnya bila tidak ada objek yang terletak terlalu dekat dalam bidang pandang lensa. Tapi tentu saja, hasilnya akan lebih baik lagi bila anda menggunakan tripod untuk memotret segmen-segmen input panorama ini untuk diolah dengan Hugin.

Selanjutnya kembali ke jendela Hugin, klik tab "Stitcher" seperti terlihat pada bagian yang dilingkari merah dalam ilustrasi dibawah ini:


Untuk lebih jelasnya:

Isi tab Stitcher. Perhatikan pula nama tab-tab lainnya. 
Tekanlah tombol-tombol di bagian yang dilingkari merah pada ilustrasi diatas secara berurutan. Dimulai dengan mengkalkulasi bidang pandang (Calculate Field of View), kalkulasi dimensi output yang optimal (Calculate Optimal Size) dan untuk secara otomatis meng-crop panorama (Fit Crop to Images).

Setelahnya, di bagian yang dilingkari biru, anda bisa memberi tanda centang pada opsi "Exposure fused from stacks" dan/atau "Exposure fused from any arrangement". Dua hal ini salah satu fungsinya adalah untuk menghasilkan output independen yang sudah dikoreksi dalam sudut pandang panorama dari masing-masing frame input asli sebelumnya. Sangat bermanfaat bila anda ingin melakukan koreksi secara manual setelah pemrosesan.

Lalu beri juga tanda centang pada opsi "Exposure corrected, low dynamic range" di bawahnya. Seperti opsi dengan nama yang sama diatasnya, ini untuk memastikan kecerahan yang sama pada masing-masing frame hasil pemrosesan untuk menghindari foto panorama yang "belang-belang".

Selanjutnya, tekan tombol di bagian sudut kanan bawah bertuliskan "Stitch Now" untuk memulai pemrosesan hasil final panorama.

Jahit sekarang! :p
Lalu akan terbuka jendela pemilihan lokasi penyimpanan hasil akhir dan juga sekaligus untuk memberi nama bagi file-file yang akan dibuat:


Untuk singkatnya, saya namakan file yang akan diciptakan sebagai Panorama001. Tekan tombol "Save" untuk memulai pengolahan yang akan memunculkan jendela baru seperti ini:

Ini cara Hugin untuk bicara "Jangan ganggu! Lagi sibuk!" :p
Setelah menunggu beberapa lama yang - sekali lagi - waktunya tergantung dari jumlah dan ukuran foto yang diolah serta kecepatan komputer anda:

Seperti terlihat pada file browser di Ubuntu.
Empat file yang dilingkari merah adalah file-file hasil olahan per-frame yang bisa dipakai untuk pengeditan secara manual. Untuk lebih jelasnya, saya tinggal membuka file Panorama001.tif dengan GIMP:

Yup. Looks good enough.
Hasil akhir.
Demikianlah. Di pembahasan Pengolahan I ini, anda telah mengetahui cara mengolah panorama dengan pendeteksian otomatis pada Hugin. Namun adakalanya Hugin tidak mampu mendeteksi titik-titik kendali (control points) secara cukup akurat. Atau mungkin anda lebih suka menentukan titik-titik kendali tersebut secara manual?

Hal-hal diatas - dan juga beberapa hal tambahan lainnya - akan diulas pada pembahasan berikutnya.

Stay tuned!

(Bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar