Rabu, 10 Agustus 2011

Tutorial: Foto panorama dengan Hugin (III) - Pengolahan 2

Secanggih-canggihnya teknologi otomatisasi, tetap saja ada saat-saat dimana campur tangan penilaian manusia yang dilakukan secara manual dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Hugin pun tak berbeda. Ada kalanya pendeteksian otomatis titik-titik kendali dari dua wilayah frame yang bertumpukan (overlap) gagal memberikan hasil yang optimal. Untuk itu ada satu fitur di jendela utama Hugin dalam tab yang bernama "Control Points":

Tab "Control Points" dengan titik-titik yang sama dari dua frame yang berbeda.
Disini, anda bisa melakukan pengeditan titik-titik kendali secara manual dengan mendeteksi dan mencocokkan kesamaan-kesamaan detail yang luput dari deteksi otomatis Hugin.

Caranya sangat mudah, anda tinggal mengarahkan kursor mouse ke arah salah satu foto diatas dan menekan tombol mouse pada detail yang anda inginkan lalu menggerakkan kursor ke foto sebelahnya untuk mencocokkan detail yang sama:

Perhatikan jendela pembesaran kecil pada foto di sebelah kiri...
...dan jendela kecil yang sama pada foto di sebelahnya bila kesamaannya terdeteksi.
Anda juga masih bisa menggeser-geser titik kendali tersebut bila masih merasa kurang mendapatkan kecocokan maksimum.

Perlu diingat disini, sebaiknya anda tidak mencocokkan detail pada bagian-bagian gambar yang banyak bergerak-gerak. Contoh ranting pohon sebagai titik kendali diatas sebenarnya adalah contoh yang kurang tepat mengingat angin bisa menggerak-gerakkannya yang pada akhirnya akan berpengaruh kepada akurasi penghitungan Hugin. Jadi sebisa mungkin, cocokkanlah detail pada bagian yang lebih statis.

Bila hasilnya sudah dirasa cukup memuaskan, anda tinggal menekan tombol "Add" yang terletak di sudut kanan bawah untuk menambahkan titik kendali tersebut dalam kalkulasi Hugin. Lalu ulangi langkah diatas untuk menentukan titik-titik kendali yang lain pada pasangan foto yang berikutnya:




Dibutuhkan setidaknya 10-20 titik kendali dari sepasang foto yang berurutan untuk hasil yang optimal, jadi jika anda memulai deteksi manual dari awal, anda harus melakukan sedikitnya 9 kali deteksi manual lagi dengan posisi masing-masing titik kendali yang cukup tersebar per-pasangan foto. Semakin banyak titik kendali yang diketahui oleh Hugin, akan semakin baik hasil pengolahannya.

Setelah semua pasangan foto memiliki titik kendali yang cukup, selanjutnya tekanlah tab "Optimizer" yang terletak disamping kanan tab "Control Points":


Dalam menu Optimize sebenarnya terdapat beberapa opsi optimalisasi titik-titik kendali yang sudah dideteksi sebelumnya. Tapi untuk singkatnya, disini hanya akan ditunjukkan opsi default seperti pada ilustrasi diatas.

Tekanlah tombol "Optimize now!" untuk memulai dan setelah prosesnya selesai, anda akan diberikan laporan hasil optimalisasi:

Yes, tentu.
Langkah selanjutnya adalah menyeragamkan pencahayaan dari masing-masing frame dengan menekan tab "Exposure" di sebelah kanan tab "Optimizer" :


Disini juga anda tidak akan dibahas opsi-opsi lain selain opsi default pada menu seperti yang terlihat diatas.

Seperti sebelumnya, tekan tombol "Optimize now!" untuk memulai pemrosesan yang akan memunculkan jendela baru seperti dibawah ini:


Disitu tertulis pemberitahuan bahwa pengkoreksian pencahayaan dan vignetting (penggelapan) di sudut-sudut masing-masing frame dilakukan dengan menganalisa sampel-sampel nilai warna. Angka 200 diatas adalah jumlah titik / sampel yang akan dianalisa secara default. Tentu saja anda bisa memasukkan nilai lain bila anda mau, tapi sejauh saya memakai Hugin saya belum merasa perlu untuk memasukkan nilai selain nilai default diatas.

Tekanlah OK. Lalu setelah beberapa saat menunggu akan muncul jendela notifikasi baru seperti ini:

Apply results? Hell yes! :p
Sekedar klarifikasi: jendela notifikasi yang terletak paling bawah akan muncul setelah proses optimalisasi selesai yang ditandai dengan jendela notifikasi diatasnya.

Setelah hasil optimalisasi pencahayaan selesai, untuk melihat hasilnya, tekanlah ikon "Fast Preview Panorama" seperti ditunjukkan dalam dua ilustrasi berikut:



Yang akan membuka jendela baru dimana anda bisa melihat hasil olahan Hugin sebelum disimpan:

Fast panorama preview. Perhatikan tab-tab di kiri atas.
Pada tab "Projection" anda bisa memilih proyeksi hasil olahan selain silindris (Cylindrical) yang juga merupakan proyeksi default :


Meskipun tidak ditunjukkan disini, tapi pilihan-pilihan proyeksi mulai dari Rectilinear, Stereographic, Mercator dan lain sebagainya ada disitu seperti terdapat pada tab "Stitcher" di jendela utama Hugin.

Selanjutnya, bila anda masih kurang puas dengan hasil proyeksi panorama Hugin, pada tab "Move/Drag" anda bisa mengutak-atik proyeksinya dengan menggunakan mouse seperti dalam ilustrasi berikut:


3 tombol yang dilingkari merah (Center, Fit dan Straighten) berguna untuk mengembalikan proyeksi ke kondisi awal bila diperlukan. Jadi jangan takut untuk bereksperimen sesuka hati anda.

Bila anda sudah merasa puas dengan hasilnya, langkah berikutnya tinggal mengunjungi tab "Stitcher" pada jendela utama Hugin, melakukan kalkulasi sudut pandang, dimensi output dan cropping seperti telah diuraikan dalam bahasan sebelumnya,...


...menentukan nama dan lokasi penyimpanan hasil olahan,...


...dan menunggu hingga selesai.


Demikian.

Salam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar